Thursday, October 15, 2020

Warehouse dan Aktivitasnya

 Penasaran sama pekerjaan warehouse? Ini beberapa jawaban untuk pertanyaan yang sering diajukan!

Pekerjaan warehouse staff atau pergudangan, merupakan pekerjaan yang terkait dengan penyimpanan barang untuk produksi atau hasil produksi dalam jumlah dan rentang waktu tertentu yang kemudian didistribusikan ke lokasi yang dituju berdasarkan permintaan. Dari pengertian di atas, kayaknya bekerja jadi warehouse staff lumayan susah ya?

Modal awal yang harus kalian punya adalah fisik yang kuat dan siap bekerja keras. Dan kalau kalian udah punya pengalaman bekerja jadi warehouse staff, kalian bakalan punya segudang pengalaman yang pastinya bakal berguna buat kedepannya. 

Nah, buat tau lebih lanjut tentang pekerjaan gudang atau warehouse staff, yuk simak bareng-bareng pertanyaan yang sering ditanyakan untuk pekerjaan ini beserta jawaban-jawabannya yang paling tepat!


Biasanya pekerjaan di warehouse itu ada posisi untuk apa aja ya?

Sebenarnya ada banyak area yang terdapat di pekerjaan warehouse. Untuk pekerjaan Admin, biasanya pekerjaan yang berurusan dengan administrasi, input data barang, identifikasi barang yang ada melalui komputer, tracking keberadaan barang, dll.

Sedangkan untuk Warehouse Staff, pekerjaannya tergolong lebih mudah tapi memerlukan kesehatan fisik yang baik. Karena ruang lingkup pekerjaannya seperti memindahkan barang dari kendaraan atau ke kendaraan, memindahkan barang ke lokasi yang sudah ditentukan, mem-packing barang, dll.


Skill khusus atau sertifikat apa yang harus dimiliki untuk bekerja sebagai warehouse staff?

Emang benar, kalau ada beberapa pekerjaan di warehouse yang memerlukan skill khusus kayak mengendarai kendaraan besar atau menjalankan mesin berat. Jadi pastinya pekerjaan yang gampang dan modal terpenting buat calon pekerja yaitu memiliki keinginan bekerja yang kuat.


Apakah memang benar, kalau bekerja di bagian gudang harus memiliki kesehatan fisik yang baik?

Yup, untuk bekerja menjadi warehouse staff kamu harus memiliki kekuatan fisik yang kuat dan stamina yang baik. Soalnya kamu bakalan berurusan dengan banyak barang-barang di gudang yang mungkin harus kamu angkat, harus kamu pindahkan ke tempat-tempat yang berbeda, bersiap-siap untuk pengiriman barang, dan terlebih kamu harus bisa berjalan lebih cepat daripada biasanya karena harus mencapai target pengiriman di tiap harinya. Tapi sebenarnya, pekerjaan ini tidak seberat yang kamu bayangkan kok!


Aman gak kalau nantinya kita bakalan kerja di gudang?

Pastinya aman dong, karena di lokasi kerja kamu akan selalu dibekali perlengkapan keamanan yang wajib kamu selalu pakai ketika bekerja.


Kalau bekerja di Gudang, ada istilah-istilah yang harus kita pahami gak?

Tentunya ada beberapa kata atau istilah yang sering banget digunakan dalam pekerjaan menjadi Warehouse Staff. Ini ada beberapa istilah umum yang bakal kamu sering temukan kalau bekerja di gudang!


WMS (Warehouse Management System)

WMS (Warehouse Management System) atau sistem manajemen pergudangan adalah suatu sistem yang didukung teknologi informasi untuk membantu pengawasan pergerakan barang masuk, dan pergerakan dalam warehouse dan barang keluar.


Picking and Packaging (Pick and Pack)

Memilih dan mengemas adalah bagian utama dari penerimaan barang dan distribusi. Hal Ini melibatkan penerimaan barang ke gudang, pembongkaran kontainer ke barang yang relevan, memilih barang untuk setiap tujuan, mengemasnya kembali, dan memberi label buat didistribusikan kembali.


Logistic

pengertian logistik disini adalah sebagai fungsi yang melibatkan perpindahan, mengatur perpindahan barang, dan penyimpanan material/barang dalam perjalanannya dari pengirim awal, melalui rantai pasok, dan sampai ke pelanggan akhir.


Reverse Logistic

Reverse Logistics adalah hak untuk para pelanggan untuk mengembalikan material/barang yang rusak, tidak sesuai dengan yang diinginkan, atau tidak sesuai dengan pesanan. Reverse Logistics menangani pengembalian, pengembalian dana, distribusi barang yang akan dikirimkan ulang, dan menangani barang yang dikembalikan ke gudang.


Sumber :

https://www.workmate.asia/id/blog/penasaran-sama-pekerjaan-warehouse-ini-beberapa-jawaban-untuk-pertanyaan-yang-sering-diajukan

Sumber foto :

https://www.flockfreight.com/2020/03/17/3-warehouse-technology-trends-of-2020/

No comments:

Post a Comment

The Bioeconomy is Much More Than a Circular Economy

The concepts of bioeconomy, circular economy and biomass cascading have similar targets, but neither is fully part of the other nor embedded...